Mari Berlangganan

Masukan alamat Email kamu disini untuk mendapatkan artikel terbaru..!

Rabu, 18 Juli 2012

Jenis-jenis meta tag serta fungsinya

Jenis-jenis meta tag serta fungsinya akan saya ulas pada posting ini yang telah saya beri judul jenis-jenis meta tag serta fungsinya. Meta tag memiliki banyak jenis serta fungsi yang berbeda-beda. Meta tag sangat diperlukan pada sebuah blog juga situs, terutama untuk peng-optimalan SEO pada sebuah blog dan situs.
Kembali ke jenis-jenis meta tag serta fungsinya, berikut adalah jenis-jenis meta tag yang sering digunakan oleh para blogger dalam rangka optimasi SEO :
Title
Meta tag title dalam sebuah blog atau situs dijadikan sebagai identitas suatu blog/situs tersebut agar mudah dikenal. Bayangkan jika sebuah blog/situs tidak memliki nama yang diketahui (ghaib), selain kita sebagai pembaca, sang mesin pencari seperti Google pun sepertinya akan kesulitan untuk mengenalinya. Ibarat pepatah mengatakan, "Tak kenal maka tak sayang".
Deskripsi
Meta tag deskripsi bertujuan untuk menjelaskan deskripsi dari sebuah blog/situs. Meta tag deskripsi bisa dikatakan sebagai uraian singkat dari isi sebuah situs. Penggunaan jumlah karakter dalam meta tag pun dibatasi. Dalam dunia SEO, selain title tag, meta tag deskripsi juga sangat membantu mesin pencari untuk mengenali sebuah blog/situs lebih mendalam.
Keyword
Meta tag keyword bermaksud untuk menjelaskan kata kunci yang digunakan oleh sebuah blog/situs sebagai pemanggil. Dalam dunia SEO, meta tag keyword sangat penting.
Rating
Meta tag rating berguna untuk menjelaskan batasan umur pengunjung yang diizinkan untuk mengakses sebuah blog/situs tersebut. Pilihan pengaturan pada meta tag rating adalah ; general (semua usia), mature (dewasa), restricted (terlarang) dan 14 years (remaja).
Copyright
Meta tag copyright berfungsi sebagai penegas hak cipta sebuah blog/situs.
Author
Meta tag author berfungsi sebagai informasi pemilik dari sebuah blog/situs.
Distribution
Meta tag distribution bertujuan untuk menjelaskan distribusi dari sebuah blog/situs. Apakah blog/situs tersebut berdistribusi global, everyone, local, regional, atau Internal Use?
Target
Meta tag target mirip dengan meta tag distribution, namun meta tag target lebih menekankan pada tujuan blog/situs untuk diindeks.
Robots
Meta tag robots bertugas untuk menjelaskan perintah dan izin yang diberikan kepada robot/spider yang akan mengakses halaman blog/situs. Pilihan perintah dan izin meta tag robots adalah noindex (tidak diizinkan untuk mengindeks halaman situs tersebut), nofollow (tidak memberikan backlink menuju halam situs tersebut), none (gabungan dari noindex dan nofollow)
Language
Meta tag language bertugas sebagai penjelas bahasa yang digunakan pada sebuah blog/situs.
Geo Country dan Geo Placename
Meta tag geo country berfungsi untuk menjelaskan asal negara dari sebuah blog/situs. Sedangkan meta tag Geo placename lebih spesifik dari pada meta tag ge country.
Expires
Meta tag expires berfugsi untuk memberikan masa tenggang kepada mesin pencari untuk mengindeks halaman sebuah blog/situs. Melalui meta tag expires, pemilik blog/situs dapat mensetting masa tenggang pengindeksan di mesin pencari. Juga pemilik blog/situs dapat mensetting agar mesin pencari selalu mengindeks halaman dari sebuah blog/situsnya.
Revisit-after
Meta tag revisit-after berfungsi untuk meminta robot harus kembali mengindeks halaman blog/situs setiap beberapa hari, bulan, atau tahun.
Spiders
Meta tag spider bertugas untuk menjelaskan jenis spider dan bot apa saja yang boleh mengakses blog/situs tersebut.
Demikianlah jenis-jenis meta tag serta fungsi dari masing-masing meta tag yang saya ketahui. Untuk mengetahui letak seharusnya dan cara menempatkannya serta contoh meta tag tersebut, silakan lihat pada posting yang berjudul contoh kode meta tag untuk blogspot.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan sopan dan jelas dan apabila komentar anda tidak sopan, kami anggap itu sebagai SPAM.