Mari Berlangganan

Masukan alamat Email kamu disini untuk mendapatkan artikel terbaru..!

Senin, 09 Juli 2012

Format Sitemap XML Hadir di Blogger, Daftarkan ke Webmaster Tools

Hampir lebih dari satu bulan yang lalu, Blogger menambahkan fitur-fitur baru untuk membantu para pengguna  platform Blogger dalam upaya meningkatkan SEO blog. Beberapa di antaranya adalah custom robots.txt, custom meta description, custom page not tound (404 page), custom robots header tags dancustom redirects (beberapa yang terakhir akan saya bahas pada posting-posting mendatang). Setelah rilisan fitur-fitur tersebut, Blogger juga menambahkan satu halaman baru yang sangat bermanfaat bagi SEO, yaitu XML Sitemap. Yang dimaksud sitemap di sini adalah peta situs yang digunakan sebagai sumber informasi bagi search engine, bukan sitemap bagi pengunjung (daftar isi).

Selama ini, kita hanya bisa membuat sitemap yang berasal dari feeds dan dimodifikasi sedemikian rupa agar menampilkan seluruh list konten halaman dan agar dapat dibaca oleh crawler dengan baik. Modifikasi biasanya dengan menambahkan query/parameter seperti alt (json) dan callback (loadtoc). Format sitemap blogger hasil modifikasi tersebut kemudian didaftarkan di Google Webmaster Tools. Nah, untuk memberikan kemudahan baru bagi user, Blogger menambahkan satu fitur baru, Sitemap XML, sitemap dengan format yang sangat mudah untuk dibaca oleh search engine guna melengkapi proses pengindeks-an. Sitemap sendiri berfungsi untuk memberikan informasi kepada search engine mengenai seluruh halaman dan konten yang ada dalam sebuah web/blog, karena akan sangat mungkin search engine luput" mengindeks beberapa halaman karena tidak ada link yang diikuti (simak 3 Proses/Sistem Kerja Search Engine di tautweb.com).
Setelah saya cek format dan kapabilitasnya, sitemap XML blogger ini bukanlah sekedar "sitemap biasa". Skema yang digunakan berdasarkan skema (XLMNS) yang disusun oleh sitemaps.org, tipe skema yang sangat direkomendasikan oleh search engine besar seperti Google dan Bing karena mudah untuk dicrawl, mengandung informasi yang lengkap (tanggal/waktu update, prioritas pengindeksan, lokasi) dan tidak mengandung kueri. Oleh karena itu, kini saatnya anda memanfaatkan fitur sitemap (yang sesungguhnya) untuk mengoptimalkan SEO blog. Sitemap ini pun bersifat plain, tidak menggunakan styling (CSS), karena hanya dibuat untuk "mata" search engine. Justru  sangat bagus, karena memang tidak perlu ada styling pada sitemap agar dapat langsung dibaca susunanya oleh search engine tanpa terhalang dulu oleh beberapa styling yang "mengganggu". Jika anda pengguna WoprdPress dan menggunakan plugin untuk membuat Sitemap XML otomatis, sebaiknya matikan fitur styling agar sitemap yang ditampilkan plain. Sitemap XML tidak perlu dilihat/dibaca manusia.

Karena langsung disimpan di dalam root directory, sama seperti robots.txt, maka untuk mengakses sitemap cukup gunakan url blog ditambah dengan nama dan format file sitemap: sitemap.xml. Jadi untuk mengeceknya, silahkan sobat lihat sitemap blog sobat dengan url: 
http://blognyasobat.blogspot.com/sitemap.xml
Di halaman tersebut akan terlihat susunan tag sitemap sesuai dengan format skema yang mengacu pada XMLNS sitemap.org.

Nah, untuk langsung mengoptimalkannya, silahkan langsung tambahkan sitemap tersebut ke Google Webmaster Tools atau Bing Webmaster Tools. Bagi anda yang baru saja menggunakan Blogger dan belum mendaftarkan blog di Google, daftarkan blog melalui Google Webmaster Tools. Kemudian pada bagian sitemap, add/submit sitemap berformat XML tersebut. Cukup tambahkan sitemap.xml di kolom pendaftaran sitemap dan klik "submit/daftar".

Bagi yang belum pernah mendaftarkan sitemap di Google, berikut sedikit petunjuknya:
1. Di dashboard web pada webmaster tools, lihat kolom bagian kiri pada bagian Sitemap, klik. Atau akses melalui panel navigasi di sebelah kiri, optimization > sitemap.
2. Setelah masuk di halaman daftar sitemap, klik tombol merah di kanan atas bertuliskan "Add/Test Sitemap".
3. Isikan bagian akhir url halaman sitemap (nama file) > sitemap.xml
4. Klik "Submit Sitemap".
blogger xml sitemap
Setelah didaftarkan, list akan terisi daftar sitemap baru, dengan beberapa informasi mengenai jenis sitemap, status (biasanya "pending" untuk beberapa waktu hingga pengumpulan indeks selesai), dan jumlah url yang  telah terdaftar. Have a nice blogging and SEOing your blog :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan sopan dan jelas dan apabila komentar anda tidak sopan, kami anggap itu sebagai SPAM.